Structured Query Language (SQL)

Structured Query Language (SQL) atau Bahasa Query Tersruktur adalah kumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. Structured Query Language adalah suatu bahasa komputer yang mematuhi standar ANSI (American Nasional Standard Institute) yang digunakan dalam manajemen database relasional. SQL dikembangkan oleh Donald D. Chamberlin dan Raymond F. Boyce pada pertengahan tahun 1970.


Melalui SQL, anda dapat melakukan fungsi adminisrator pada database seperti menjalankan query untuk mengambil data dalam database, mengakses data (read database), mengimput data dalam database, menghapus data dari database, serta mengubah data yang berada dalam database. Hingga sekarang, hampir semua server database yang ada mendukung SQL untuk melakukan manajemen data.

Hingga saat ini diketahui  ada 3 (tiga) jenis perintah SQL, yaitu DDL, DML dan DCL. 


1. Data Definition Language (DDL)
DDL adalah perintah SQL yang digunakan dalam pendefinisian suatu struktur database, dalam hal ini database dan table. Perintah SQL yang termasuk dalam DDL antara lain : 
CREATE
ALTER
RENAME
DROP

2. Data Manipulation Language (DML)
DML adalah perintah SQL yang digunakan untuk manipulasi atau pengolahan data atau record dalam table. Perintah SQL yang termasuk dalam DML antara lain : 
SELECT
INSERT
UPDATE
DELETE

3. Data Control Language (DCL)
DCL adalah perintah SQL yang digunakan dalam pengaturan hak akses user, baik terhadap server, database, table maupun field. Perintah SQL yang termasuk dalam DCL antara lain : 
GRANT
REVOKE

Sumber: http://www.apapengertianahli.com/2014/10/pengertian-query-dan-sql.html#
Share on Google Plus
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment