Pengertian Web dan Jaringan Internet

A. World Wide Web

    Salah satu unsur yang paling umum  digunakan dari Internet selain e-mail adalah World Wide Web. Dewasa ini, WWW atau yang sering juga  disebut sebagai “web” saja merupakan aplikasi internet yang paling populer, banyak orang kemudian salah mengidentikkannya dengan internet (Sinarmata, 2006).

    
Secara teknis, Web adalah sebuah sistem dengan informasi yang disajikan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah server Web Internet yang disajikan dalam bentuk hiperteks. Informasi Web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Informasi lannya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World).

    Web dapat diaksees oleh perangkat lunak client Web yang disebut browser. Browser membaca halaman-halaman Web yang tersimpan dalam server Web melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

    Sebagai dokumen hiperteks, dokumen-dokumen pada Web dapat memiliki tautan (link) dengan dokumen lain, baik yang tersimpan dalam server Web yang sama maupun pada server Web lainnya. Tautan memudahkan para pengakses Web berpindah dari satu halaman lainnya dan “berkelana” dari satu server ke server lain. Kegiatan penelusuran halaman Web isi biasa disebut browsing, namun ada juga yang menyebutkannya surfing (berselancar).

B. Sejarah Web

   World Wide Web (WWW) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

    Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat pengahuan untuk proyek pembuatan hiperteks golbal, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘Waring Wera Wanua’ sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN (Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa). Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan internet. 


C. Bagaimana WWW Bekerja

     WWW bekerja berdasarkan pada tiga mekanisme berikut:
  •  Informasi disimpan di dalam dokumen yang sering kita sebut halaman web
  • Halaman web adalah file-file yang disimpan dalam komputer. Komputer terssebut dikenal dengan istilah web server.
  • Komputer yang mengakses isi dari halaman web disebut dengan web clients.
  • Web clients menampilkan halaman web dengan program yang dikenal dengan nama web browser seperti Chrome, Firefox, dan Internet Explorer. 


D. Bagaimana Browser Menampilkan Halaman Web



  • Semua halaman web mengandung  instruksi-instruksi tentang bagaimana dia akan ditampilkan.
  • Browser menampilkan halaman tersebut dengan cara membaca instruksi-instruksi ini.
  • Instruksi yang paling umum tersebut disebut dengan tag-tag HTML

Untuk lebih detailnya, berikut ini adalah ilustrasi bagaimana browser bekerja:

Misalnya kita ingin membuka sebuah halaman dengan URL http://example.org/wiki/World_Wide_Web.

     Yang pertama, browser memecah bagian nama server dari URLnya (example.org) ke dalam alamat Protokol Internet menggunakan basis data terdistribusi yang dikenal dengan istilah Domain Name System (DNS). DNS kemudian mencari nama URL tersebut kemudian memberikan alamat IPnya seperti misalnya 208.80.152.2. browser kemudian meminta resource dengan jalan mengirimkan HTTP request melalui internet kepada komputer dengan alamat IP tersebut, browser membuat request tersebut melalui port tertentu supaya HTTP request yang lain (seperti misalnya pengiriman email) dapat tetap ditangani. Protokol HTTP biasanya menggunakan port 80.

     Komputer yang menerima HTTP request akan mengirimkan request tersebut ke aplikasi web server. Jika web server dapat memenuhi request tersebut, dia akan mengirimkan HTTP response ke browser dan memberikan status sukses semacam HTTP/1.0 200 OK. Web browser akan mengurai kode HTML, menerjemahkannya serta menuliskan teks yang terkandung didalam halaman web ke layer.

      Banyak halaman web juga mengandung konten lain seperti gambar, script, CSS, dll. Browser akan membuat HTTP request tambahan pada web server untuk hal tersebut. Ketika browser menerima konten tersebut, browser secara progresif akan me-render konten terebut dan menampilkannya ke layar. 


 E. Bagaimana HTTP Bekerja

      Hypertext Transfer Protovol (HTTP) adalah protokol agar client dan server bisa berkomunikasi dengan gaya request-response. HTTP menentukan bagaimana format pesan dan bagaimana cara pengirimannya, serta bagaimana web server dan browser beraksi dan beraksi terhadap berbagai perintah.
     Contoh: sebuah client (browser) mengirim HTTP request ke server, kemudian server mengirimkan respon kepada client. Respon tersebut mengandung status tentang request tersebut dan konten yang direquest. 


Jaringan Internet


A. Internet


   Internet merupakan gabungan dari berbagai LAN dan WAN yang berada di seluruh jaringan komputer di dunia, sehingga terbentuk jaringan dengan skala yang lebih luas dan global. Jaringan internet biasanya menggunakan protokol TCP/IP dalam mengirimkan paket data. Internet berasal dari kata Interconnected Network yang berarti hubungan dari beragam jaringan komputer di dunia yang saling terintegrasi membentuk suatu komunikasi global.

B. Macam-Macam Jaringan Internet



   Terdapat bermacam-macam jaringan Internet, digunakan untuk berhubungan antara individu dengan individu atau kelompok – mail elektronik, dalam menggunakan layanan ini dibutuhkan account e-mail dari penyedia layanan elektronik mail. e-mail ini dikirim dari satu server ke klien tujuan melalui host transisi seperti pada pengiriman surat biasa. Cara terbaik membaca mail adalah dengan menggunakan perangkat lunak pembaca mail yang akan berhubungan dengan server mail dan menarik mail-mail pengguna tersebut ke pc yang digunakan sebelum dibaca.


1. Untuk berhubungan antara kelompok berita atau diskusi



Pada sistem jaringan internet pasti setidaknya bisa mendapatkan satu kelompok yang dapat berbagi informasi atau minat. Terdapat ribuan kelompok berita dimana pengguna saling berhubungan. Disini bebas bisa mengeluarkan pendapat dengan hubungan apa saja. Sebagian dari kecil dari kelompok ini beritanya disaring oleh pengelolanya. Setiap kelompok biasanya memiliki Pertanyaan Umum (‘Frequently Asked Question’) yang diatur oleh anggota kelompok agar menjadi bimbingan kepada anggota baru agar tidak bertanya mengenai pertanyaan yang sudah sering muncul dan telah terjawab. Informasi atau pertanyaan ini bersama dengan cara setiap server memiliki server sumber yang mengirimkan informasi kepadanya dan juga akan mengirim informasi itu kebeberapa server lain yang berlangganan dengannya.


2. Berhubung dengan kelompok menggunakan e-mail melalui listserv


Biasanya ada juga kelompok yang berhubungan dengan e-mail dimana berlangganan dengan kelompok listserv ini. Semua klien menulis kepada administrator listserv dan siapa ingin mendapatkan pesan-pesan yang dikirim ke administrator bisa menulis kepada administrator listserv (mailing list service) untuk berlangganan. Kebanyakan kelompok berita USENET bisa juga di langgan secara listserv. Hanya dengan menggunakan perangkat lunak e-mail untuk terhubung dengan listserv. Pastikan selalu membaca e-mailnya setiap hari karena akan mendapatkan puluhan atau ratusan jika berlangganan dengan ‘mailing list’ populer dalam sehari.


3. Menggunakan komputer ditempat lain-telnet

Jika memiliki akun di komputer tempat lain (remote), bisa gunakan komputer menggunakan fasilitas telnet. Untuk menggunakan komputer ini akan diminta login menggunak User name dan memasukkan password. Ada juga komputer yang memungkinkan pengunjung atau orang yang tidak dikenal menggunakan komputer mereka secara terbatas. Bisa menggunakan fasilitas telnet untuk membaca mail dengan telnet ke server mailnya dan memasukkan arah mail atau pine atau apa saja perintah yang membuka mail untuk host itu.


4. Mendapatkan file dari komputer Remot-Ftp

Di dalam sistem jaringan Internet ada ratusan ribu file yang mengandung informasi atau perangkat lunak yang bisa didapatkan secara gratis baik untuk penggunaan tanpa batas atau terbatas. Untuk menggunakan fasilitas ini Anda harus lunak ftp (‘file transfer program’). Harus memberitahu nama komputer host yang menyimpan file dan juga direktorinya. Anda juga harus memberikan identifikasi diri dan juga password untuk menggunakan fasilitas ini. Namun kebanyakan host menerima identifikasi ‘anonymous’ dan alamat email sebagai password. Anda disebut sebagai ‘download’ file tesebut dari host tersebut. Anda juga jika diizinkan membuat ‘upload’ file Anda untuk diletakkan di host tersebut untuk dibagi dengan pengguna lain.



5. Ngobrol di Jaringan Internet – IRC

Dapat berdiskusi online dengan secara mengetik apa yang ingin disampaikan dengan kelompok secara ‘real-time’ dengan menggunakan perangkat lunak chat atau Internet Relay Chat. Selain itu dapat melihat pesan-pesan yang ditaipkan oleh mereka yang mengambil bagian dalam sesuatu kamar maya di ruang chat tersebut. Layanan ini punya satu server chat dan peserta berkomunikasi menggunakan perangkat lunak chat atau browser.



6. Mendapatkan informasi di jaringan internet melalui-World Wide Web



Sistem Jaringan Internet menjadi populer setelah keluarnya layanan ‘World Wide Web’ diperkenalkan. Jaringan informasi WWW ini terdiri dari situs-situs web yang menampilkan informasi untuk tuntunan pelungsur web. Di setiap situs web memiliki sekurangnya satu server web yang tugasnya menyampaikan file-file yang diminta oleh pengguna yang menggunakan perangkat lunak ‘browser’. Kebanyakan browser sekarang bisa digunakan untuk mengirim mail, mendapat file dengan fasilitas ftp dan juga membaca berita dengan petunjuk news atau NNTP. Kini kebanyakan pengguna Internet menggunakan browser keluaran Netscape yaitu Netscape Navigator dan browser keluaran Microsoft yaitu Internet Explorer untuk menemukan informasi atau apa saja layanan di jaringan Internet. Layanan Gopher yaitu informasi secara tanpa grafis, netfind dan whois untuk menemukan individu atau organisasi, serta lain-lain seperti veronica, archie dan juga WAIS sudah menjadi kurang populer.


Sumber:


Hidayatullah, Priyanto & Jauhari Khairul Kawistara. 2014. Pemrograman Web. Bandung: Informatika

Kurniawan, Wiharsono. (2007). Jaringan Komputer. Semarang: Penerbit Andi.






Share on Google Plus
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment